FAPERTA

Ridwan, S.Si., M.Sc.: Enterpreneur Ekspo UMU Buton akan Menjadi Event Bergengsi Di Kepton

UMU ONLINE, Baubau: Universitas Muslim Buton menyelenggarakan event enterpreneur ekspo dalam rangka mefasilitasi pertemuan saudagar sekepton. UMU enterpreneur ekspo diselenggarakan tanggal 27-29 Januari 2023 dan merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan UMU Buton. Kegiatan tersebut akan menjadi kegiatan tahunan dan menjadi dasar bagi UMU Buton untuk menuju enterpreneur University.

Plt. Dekan FKIP Ridwan, S.Si., M.Sc. menyatakan bahwa enterpreneur ekspo atau temu bisnis UMU Buton menjadi event bergengsi di Kepton. Pernyataan tersebut didasari kerena enterpreneur ekspo mengundang berbagai tokoh penting dan pelaku UMKM Sekepton. Selain itu juga menghadirkan beberapa Kepala Bank seperti Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan beberapa Bank Lain. Kegiatan yang semacam ini dapat mendorong terbentuknya UMKM, peningatan UMKM dan terbentuknya kolaborasi antar pelaku usaha serta adanya kontribusi Perguruan Tinggi khusunya UMU Buton terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurutnya Enterpreneur ekspo merupakan langkah strategis yang diambil UMU Buton untuk ikut berperan dalam pembentukan maupun peningkatan UMKM. Salah satu langkah untuk meningkatkan ekonomi mayarakat yaitu dengan meningkatkan kuantitas maupun kualitas UMKM. Saat ini UMKM menjadi pilar terpenting dalam perekonomin Indonesia, diperkirakan jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dan telah berkontribusi terhadap PDB  sebesar 61,07 % atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Tingginya jumlah UMKM di Indonesia tidak terlepas dari berbagai tantangan, sehingga temu bisnis UMU Buton menjadi salah satu event yang dapat membantu menjawab tantangan yang dihadapi pelaku UMKM, khusunya yang ada di kepton ungkap Ridwan.

Enterpreneur ekspo yang diselenggarakan UMU Buton dirangakaikan dengan berbagai kegiatan seperti olimpiade sains tingkat SMA/SMK/MA atau sederajat, festival musik islami, lomba sholawat, pentas seni, lomba puisi, dan berbagai kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut perlu ditiru Perguruan Tinggi lain, khusunya PT yang ada di kota Baubau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top