You are currently viewing KSM Perdana UMU Buton 83 Mahasiswa Tersebar di Kepton

KSM Perdana UMU Buton 83 Mahasiswa Tersebar di Kepton

UMU ONLINE, Baubau 2/02/2023 : Universitas Muslim Buton (UMU Buton) resmi melepas 83 Mahasiswa/I nya untuk mengikuti Kandidat Sarjana Mengabdi -Belajar Bersama Masyarakat (KSM-BBM) atau lebih dikenal warga dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Para mahasisiwa Angkatan pertama 2019 tersebut tersebar pada Sembilan titik di tiga Kabupaten di Kepulauan Buton, kabupaten Buton, Wakatobi dan kabupaten Buton Tengah.

Sebelumnya mahasiswa dari 12 Program Studi (Prodi) tersebut telah mengikuti pembekalan selama dua hari 31 Januari – 1 Februari di salah satu hotel di kota Baubau untuk memantapkan persiapan pengabdian kepada masyarakat.

Tepat Kamis 2 Februari 2023 pagi rombongan diantar langsung dosen pembimbing di Lokasi KSM menggunakan Bus dan beberapa Mobil minibus. Sementara yang lokasinya di Wakatobi sudah berangkat lebih dulu.

Puluhan mahasiwa tersebut akan menjalani kuliah kerja selama kurang lebih 40 hari dan kembali ke kampus sebelum Ramadhan pada pertengahan Maret 2023.

Rektor UMU Buton DR Sudjiton mengungkapkan setibanya di tempat, mahasiswanya akan mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah kepada masyarakt serta membantu kegiatan masyarakatan lainnya.

“KSM-BBM ini mereka (mahasiswa) tidak hanya membawa Prodinya, tetapi mereka akan berkelompok terlibat dalam kegiatan masyarakat, sehingga warga juga bergairah dengan kedatangan mahasiwa ini,”ujarnya.

Rector sebelumnya sudah memberikan pembekalan berupa peningkatan ketaqwaan dan keimanan agar  mahasiswa aktif melaksanakan kegiatan ibadah di Masjid. Selepasnya mahasiswa juga dapat melakukan pembinaan Karang Taruna maupun majelis taklim.

Sebelumnya pihak kampus telah  memetakan potensi wilayah KSM sesuai dengan bidang program studi sehingga dapat  mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dengan kenyataan di lapangan.

DR Sudjiton mengingatkan mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan  adat istiadat warga setempat utamanya mengenai etika dan norma sebagai nilai tambah bagi mahasiswa yang mengikuti KSM-BBM tahun 2023.

Adapun Lokasi KSM-BBM di kabupaten Buton tersebar di  desa Kondowa, Laburunci dan Wining kecamatan Pasarwajo. Selanjutnya  kecamatan Wolowa di desa Wolowa. Kecamatan Siontapina di desa Matanauwe dan desa Manuru. Serta Kecamatan Lasalimu di desa Ambuau Indah. Di kabupaten Buton Tengah terletak di Lombe kecamatan Gu dan satu desa di kabupaten Wakatobi.

Leave a Reply