You are currently viewing Pelepasan KSM-BBM, Rektor Pesankan Mahasiswa untuk Berpikir Kreatif dan Responsif

Pelepasan KSM-BBM, Rektor Pesankan Mahasiswa untuk Berpikir Kreatif dan Responsif

UMU Online-Rektor Universitas Muslim Buton Dr. H. Sujiton, SE.MM berpesan kepada mahasiswa peserta Kandidat Sarjana Mengabdi-Belajar Bersama Masyarakat (KSM-BBM) untuk berpikir Kreatif, responsif,kolaboratif dan mampu memecahkan masalah di masyarakat dimana ditempatkan dalam program KSM-BBM angkatan 1 UMU Buton.

Hal ini disampaikan pada pelepasan KSM-BBM tahun 2023 secara Luring, Rabu (22/2/2023). Pelepasan secara luring berlangsung di depan kampus Universitas Muslim Buton.

Turut hadir pada pelepasan KSM-BBM yakni Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) beserta jajaran, Wakil Rektor, sejumlah Dekan dan Wakil Dekan, perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan perwakilan mahasiswa peserta KSM-BBM.

Rektor mengingatkan mahasiswa agar program KSM-BBM ini dijalankan dengan Disiplin, kreatif, menyenangkan dan penuh semangat. “KSM-BBM ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap institusi UMU Buton, bagi mahasiswa, masyarakat, dan stakeholder. Serta tentunya timbal balik untuk kemajuan UMU Buton dalam membangun kemitraan strategis dan dinanamis dengan masyarakat, jelasnya

Rektor  UMU Buton menjelaskan pula, bahwa UMU Buton sangat  berkomitmen  dalam merespon dan membantu pemerintah terkait pembangunan daerah, salah satunya melalui program KSM-BBM. UMU harus mampu berperan dan  dituntut untuk memberikan kontribusi aktif dalam pembangunan  terkhusus dalam  pemberdayaan masyarakat. Kita harapkan kerja sama secara aktif terus kita bangun dan tingkatkan. Dengan harapan Semoga KSM-BBM angkatan pertama ini dapat mewarnai  pembangunan desa yang terus  berdaya guna dan bermanfaat,” tambah Dr. H. Sujiton,SE.,MM.

KSM-BBM angkatan pertama tahun 2023 ini mengambil tema Gerakan Desa Makmur Merata Untuk Kampungku yang Mandiri dan Berkelanjutan,  KSM-BBM UMU Buton Angkatan pertama diikuti oleh 83 peserta yang tersebar 2 Kabupaten Yeitu kabupaten Buton tengah dan Kabupaten Buton.

KSM-BBM berlangsung pada 2 (dua) Pebruari 2023 dengan dosen Pembibing Lapangan Sebanyak 9 (sembilan) DPL yang mendampingi mahasiswa peserta KSM-BBM.

Direktur LP2 Nurhayati, Spd.,M.Pd  memaparkan, KSM-BBM merupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk berpraktik langsung di masyarakat. “Mari memberi kontribusi yang positif dan menjaga nama baik almamater,” pesannya kepada mahasiswa.

Selain bentuk pengabdian, mahasiwa diharapkan mampu menjadi teladan dan mendorong masyarakat membuat sesuatu yang bermanfaat. KSM-BBM juga difokuskan ke dalam beberapa bidang diantaranya keagamaan, pendidikan, kewirausahaan, dan pengembangan potensi desa.

Penulis: Muahamad Firman Syah

Leave a Reply