FAPERTA

BIMTEK PENULISAN JURNAL ILMIAH UMU BUTON

UMU 0NLINE, Universitas Muslim Buton menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penulisan dan Publikasi Artikel Pada Jurnal Internasional dan Nasional Bereputasi pada Rabu, 08 Maret 2023  yang diselenggarakan oleh Direktorat Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2kM). Dengan Menghadirkan Nara Sumber Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc.,P.Dd Guru Besar pada Universitas Hasanuddin, sekaligus sebagai Pejabat Rektor Universitas Muslim Maros. Kegiatan ini dirangkaikan pembahasan tata kelola perguruan tinggi dan tata kelola kelembagaan Kemahasiswaan yang dihadiri oleh 72 peserta dari para Dosen/Staf Pengajar Peneliti/mahasiswa  di Lingkungan Universitas Muslim Buton  yang dilaksanakan di Hotel Mira BauBau.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Badan Peneyelenggara Universitas Muslim Buton (Drs Ibrahim Marsela,MM sekaligus sebagai Plh Presiden UMU Buton), Rektor Universitas Muslim Buton (Dr. H. Sujiton, SE, MM.), Plt Wakil Rektor Bidang Akademik (Ridwan, M.sc.) Plh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (Aryo Nugroho M.sc), Direktur Pusat Penjaminan Mutu UMU Buton (Dr. Marlina), Direktur Penelitian dan Pengabdiam Masyarakat (Nurhayati, M.Pd ), Direktur Indonesia Buton Institute UMU Buton (Filtar, M.si), Para Direktur dilingkungasn UMU Buton, Para Dekan dilingkungan UMU Buton, Para Ka Prodi, Para kepala Lembaga, Dosen dan tenaga Penelitia UMU Buton;

“Kewajiban seorang Dosen karya ilmiah ini sangatlah penting sebagai bentuk kompetensi atau kepakaran dalam bidang yang ditekuni. Menulis adalah sebuah keharusan bagi seorang dosen, bahkan dosen tidak memiliki substansi jika tidak menulis. Baik menulis jurnal, artikel, laporan penelitian, maupun buku-buku ilmiah yang menjadi tanggung jawab moril, merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Nomor 17 tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 92 tahun 2014, bahwa kenaikan jenjang jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi pada jurnal ilmiah Nasional terakreditasi dan jurnal Internasional bereputasi di bidangnya khususya bidang Kependidikan, Pertanian dan Peternakan, Ekonomi dan Pemerintahan Daerah” ujar Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc.,P.Dd Guru Besar pada Universitas Hasanuddin.

“Salah satu indikasi kemajuan lembaga pendidikan adalah salah satunya dengan adanya penelitian aktif oleh para dosen yang dipublikasi melalui jurnal. Jurnal berbasis Open Journal Sistem (OJS) menjadi ruh eksistensi perguruan tinggi yang bereputasi baik di dunia” ujar Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc.,P.Dd Guru Besar pada Universitas Hasanuddin. Melalui Bimtek ini, para Dosen/Staf Pengajar Peneliti mendapatkan layanan mulai dari materi, pendampingan, dan konsultasi hingga artikel dinyatakan terbit Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc.,P.Dd Guru Besar pada Universitas Hasanuddin. Secara umum, tujuan kegiatan ini adalah memuluskan harapan atau tujuan para peserta untuk meraih publikasi jurnal prestisius. Dengan publikasi tersebut, PPkM berharap akademisi para dosen peneliti dapat mencapai tujuan selanjutnya yaitu mencapai jenjang karir yang diharapkan. Secara khusus, tujuan kegiatan ini tidak lain memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi peserta sehingga tercipta kemandirian publikasi. Dengan standar luaran dari publikasi jurnal ilmiah yang tidak bersifat akademis bagi para dosen peneliti dengan mengirimkan karyanya pada jurnal-jurnal yang telah distandarkan yakni jurnal nasional yang telah terindeks Sinta (Science and Technology Index) dan jurnal internasional yang terindeks Scopus atau WoS (Web of Science) dan pengindeks prestisius lainnya.

 

Harapan dari adanya bimtek penulisan dan publikasi artikel jurnal ini adalah dapat menguatkan penelitian dan publikasi ilmiah, dan berkompetisi dengan perguruan tinggi lain secara umum. Dengan prosedur publikasi pada jurnal-jurnal yang distandarkan melalui sejumlah tahapan yang membutuhkan proses belajar dan latihan secara serius. Berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh peserta yang mengikuti Bimtek ini yaitu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menulis, men-submit, dan menerbitkan jurnal ilmiah, semua artikel dari peserta bimtek mendapatkan layanan bimbingan dan pendampingan hingga dinyatakan layak untuk dipublikasi, mandiri dalam melakukan publikasi jurnal ilmiah dan setiap peserta bimtek mendapatkan pendamping khusus Direktorat PPkM UMU Buton.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top