FAPERTA

FAPERTA UMU Buton sebagai Upaya Pemetaan Tugas-Tugas untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan

UMU Online– Baubau, 20 Februari 2024 Fakultas Pertanian dan Peternakan mengadakan leadership forum yang dihadiri Ketua Yayasan, Rektor, Dekan dan seluruh dosen lingkup Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Forum yang dipimpin langsung dekan FAPERTA ini diawali dengan dekan penyampaian laporan program kerja yang telah berlangsung

Forum yang dipimpin langsung dekan FAPERTA ini diawali dengan dekan penyampaian laporan program kerja yang telah berlangsung dilakukan bulan lalu mengenai siklus SPMI harus terlaksana dengan baik terpenting di bidang pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyrakat. Selain itu, juga menyamapaikan agar semua dosen selalu semangat dalam menjaring camaba lingkup Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Rektor UMU Buton menambahkan agar semua dosen lingkup FAPERTA agar selalu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.  Sharing perkuliahan mengenai materi yang ringan tetapi prinsip dasarnya tertanam dalam memori pikiran mahasiswa.  Pendekatan personal juga penting untuk mengetahui keadaan mahasiswa di rumah dan di kampus.  Kedepan bukan kecerdasan intelektual yang dibutuhkan tetapi kecerdasan etika dan tata krama sehingga mahasiswa dapat dibekali pendidikan yang dapat masuk dalam pikiran mereka. Kita sebagai dosen harus pelan-pelan menarik mahasiswa untuk dapat mengetahui kepribadian mahasiswa tersebut sehingga menciptakan iklim yang baik dalam perguruan tinggi.

Pada kesempatan yang sama pula, ketua yayasan menyampaikan bahwa salah satu kendala yang dihadapi dalam publikasi dan website lingkup Fakultas Pertanian dan Peternakan. Website penting untuk memudahkan informasi prodi sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi. Dekan harus menyusun agenda minimal satu kali dalam sebulan untuk diskusi lingkup fakultas untuk membahas tentang tugas akademik dan non akademik. Membangun budaya mutu dimulai dari VTMS hingga Kriteria 9 yakni luaran tri dharma. Kemudian kita harus memperkuat keunikan UMU Buton, seperti KSM-BBM dan KSM-T MBKM. Namun, kita harus terus mempelajari kekurangan-kekurangan dan kendala yang dihadapi demi perbaikan ke depan.  UMU Buton berbasis wirausahaan bukan hanya soal bisnis tetapi entrepreneur integritas, komunikasi, leadership dan waktu.

Salah satu dosen Muh.Filtar berpendapat bahwa salah satu penunjang kegiatan tri dharma adala mahasiswa. Sehingga pada moment ini perlu dilakukan strategi seperti kunjungan di sekolah-sekolah menengah atas dan komunikasi yang dibangun harus menarik. Salah satu keunggulannya adalah SPP kita masih terjangkau dibandingkan universitas lain tambahnya.

Kaprodi Agribisnis Ibu Haerunianti juga menyampaikan beberpa masukan dan saran terkait penurunan mahasiswa. Kendala lain penurunan motivasi belajar, sehingga kita dosen-dosen perlu merubah model pembelajaran menjadi menyenangkan. supaya mahasiswa menjadi rajin dan senang dalam mengikuti mata kuliah kita.  Mata kuliah yang yang ada praktinya harus dijalankan dengan maksimal dan menyenangkan. Pada kesempatan ini, ia mengingatkan agar dosen memperhatikan tridarma untuk memudahkan pengusulan jabatan fungsional. Tutupnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top