FAPERTA

Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu Dosen dan Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan

UMU Online-Baubau, 7 Juni 2024 Fakultas Pertanian dan Peternakan (FAPERTA) Universitas Muslim Buton (UMU Buton) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu Dosen dan Mahasiswa di Kelurahan Bone-Bone, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dan dilakukan secara langsung di salah satu rumah warga sasaran kegiatan, sebelum kemudian dilanjutkan di lokasi pembangunan Kebun Dapur Ibu (KEDAI).

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat FAPERTA UMU Buton ini diawali dengan pembentukan POKJA Bukit Manuru. Kelompok kerja ini akan bersama-sama mengelolah Kebun Dapur Ibu sesuai dengan pembagian tugas yang telah disepakati. Mulai dari pembukaan lahan, pembuatan pagar, penyemaian, penenanaman, perawatan tanaman hingga saat pasca panen nanti.

Setelah kelompok terbentuk, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi teknik budidaya pertanian perkotaan, manajemen kelompok kerja dan pemanfaatan limbah peternakan oleh narasumber yang berasal dari masing-masing prodi lingkup Fakultas Pertanian dan Peternakan UMU Buton..

Kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kemandirian masyarakat melalui optimalisasi potensi sumber daya alam di lingkungannya yang belum termanfaatkan dengan baik sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kemandirian masyarakat.

Editor, Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top