FAPERTA

Mengenal Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis adalah program studi yang mempelajari bidang pertanian beserta bisnis dalam pengelolaan pertanian modern dan industri makanan untuk pengelolan sekala UMKM hingga perusahaan. Jurusan ini juga dikenal sebagai Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Kata bisnis pada Jurusan Agribisnis menunjukkan peran dari pada lulusan agar dapat memaksimalkan keuntungan dari produk pertanian yang dihasilkannya

Dengan mengkombinasikan ilmu pertanian dan ekonomi, Jurusan Agribisnis akan mengkaji upaya manusia dalam mengembangkan sumber daya alam dan lingkungan agar lebih berdayaguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup, serta bisa menghasilkan produk yang menguntungkan.

Beberapa mata kuliah yang akan ditemui jika melanjutkan pendidikan pada Prodi Agribisnis adalah Teori Makroekonomi, Kewirausahaan Agribisnis, Sistem dan Usaha Agribisnis, Risiko Agribisnis, Usahatani, Bisnis Internasional, dll. Dengan mempelajari seluruh materi tersebut, mahasiswa diharapkan mampu menyusun rencana bisnis di bidang agribisnis, mengenali sistem agri bisnis dari berbagai sudut pandang, hingga memiliki kemampuan kreativitas, kewirausahaan, dan kepemimpinan dalam bidang agribisnis.

Visi, Misi Program Studi Agribisnis

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan manajerial

  • Kemampuan meneliti

  • Kemampuan membuat analisis

  • Kemampuan komunikasi

  • Kemampuan melakukan perencanaan

  • Pemahaman biologi

Mengapa Harus Memilih Jurusan Agroteknologi?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Ilmu Pertanian.

Instansi pemerintah seperti Kementerian Pertanian sangat membutuhkan Sarjana Pertanian untuk berbagai posisi, seperti pengawas benih tanaman, pengendali organisme pengganggu tanaman, pengawas mutu hasil pertanian, widyaiswara, dan lainnya.

Tinggal di Indonesia yang merupakan negara agraris dengan segala komoditas pertaniannya yang beraneka ragam bisa menjadi peluang tersendiri untuk lulusan Ilmu Pertanian. Jika Quipperian bukan termasuk orang yang suka kerja kantoran, kamu memiliki kesempatan menjadi pengusaha komoditas pertanian dengan didukung ilmu yang kamu miliki.

Lulusan Agribisnis memiliki peran mengenalkan cara mengelola lahan pertanian secara modern. Kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di kampus untuk membantu para petani meningkatkan hasil panennya dengan cara bergabung dengan lembaga swadaya masyarakat di bidan pertanian. Lewat cara ini kamu bisa membantu terbentuknya generasi petani 4.0 deh.

Untuk kamu yang gemar bereksperimen, bisa banget gabung lembaga penelitian untuk melakukan riset guna menciptakan varietas baru.

Perusahaan-perusahaan di sektor pertanian mulai dari hulu hingga hilir membutuhkan lulusan Ilmu Pertanian untuk membantu menemukan varietas baru, mengelola lahan secara efisien, menangani komoditas pascapanen, hingga pemasaran hasil dan produk pertanian.

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan jurusan agribisnis dapat bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan Industri makanan sebagai tenaga ahli atau pemangku keputusan disetiap proses bisnis tentunya di sektor agriculture.

Mulai dari instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, sampai lembaga swadaya masyarakat. Karena selama perkuliahan kamu banyak belajar tentang pengembangan bisnis di sektor pertanian, tentu hal ini akan menjadi modal besar untukmu jika ingin berwirausaha atau menjadi seorang pengusaha atau manajer profesional di bidang agribisnis.

Sebagai lulusan Agribisnis nantinya kamu juga akan berperan untuk membantu para petani menghadapi era industri 4.0, sebagai konsultan dan pendamping bidang agribisnis.

Rata-rata gaji yang ditawarkan sangat variatif dan kompetitif tentunya. Hal ini sangat bergantung pada pada kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, jabatan, serta area tempat bekerja. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti selepas lulus:

 

Akademisi

Lulusan agribisnis juga bisa memilih profesi sebagai pengajar dosen atau guru. Jika ingin menjadi dosen maka harus melanjutkan S2 paralel dengan S1. Jika ingin mengajar cobalah mencari peluang kerja di Sekolah Kejuruan Pertanian yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Lihat potensi daerah Anda sebelum memilih profesi yang layak.

Peneliti

Ingin memperdalam pengetahuan tentang keilmuan di bidang agribisnis? Anda bisa memilih profesi sebagai peneliti. Syaratnya tentu Anda harus belajar lagi menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Jika Anda punya semakin yang kuat untuk belajar, pilihan jadi peneliti sangat tepat untuk Anda.

Pengusaha Produk Pertanian

Hasil terbaik yang bisa Anda peroleh dari jurusan agribisnis sebenarnya adalah ketika Anda sukses menjadi pengusaha dari produk-produk pertanian yang Anda pelajari. Produk tersebut bisa melalui pengolahan teknologi tertentu sehingga hasilnya lebih kreatif dan inovatif.Trend bisnis e-commerce produk pertanian menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa Anda kembangkan setelah lulus dari jurusan ini. Padukan bisnis produk pertanian Anda dengan teknologi kekinian yang lebih dikenal orang. Cara bisnis inovatif seperti ini sedang trend dan disukai konsumen.

Bekerja di BAPPEDA

Bila Anda ingin merasakan bekerja di instansi pemerintah, maka bekerja di BAPPEDA bisa jadi pilihan. Status Anda bisa sebagai PNS atau honorer. Kerja di kantor seperti ini kelihatannya bergengsi tetapi tentu akan mengharuskan Anda bekerja dengan jam kantor yang lebih terikat.

Engineer

Agriculture engineer bertanggung jawab untuk meningkatkan efisiensi dari metode pertanian, serta meneliti peralatan yang digunakan agar bisa ramah lingkungan. Agricultural engineer bertugas mencari solusi dari berbagai permasalahan yang berkaitan dengan permesinan, energi, lingkungan, fasilitas serta peralatan.Jika kamu bekerja sebagai engineer di bidang agrikultural, kamu bisa bekerja secara full time di sebuah perusahaan atau bekerja secara freelance di berbagai perusahaan.

Agribusiness manager

Agribusiness manager mengawasi semua fasilitas pertanian serta bisnis yang terkait, mulai dari logistik, akuntansi, produksi, hingga penanaman. Biasanya agribusiness manager juga bertugas sebagai quality controller dan analisis bisnis.Beberapa skill penting yang harus kamu miliki jika kamu ingin mencoba profesi sebagai agribusiness manager yaitu kemampuan information technology (IT), kemampuan marketing, serta memiliki commercial awareness yang baik.

Scroll to Top