FAPERTA

UMU Buton Sukses Gelar Entrepreneur Expo 2023

UMU ONLINE ,Baubau: Entrepreneur Expo  sebagai rangkaian Dies natalis Universitas Muslim Buton (UMU) ke – 4 tahun bakal menjadi agenda tahunan.

Sebelumnya kegiatan Expo telah dibuka Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse sejak 27 Januari 2023 dan Penutupan pada 29 Januari malam oleh Kepala Dinas Koperasi Baubau sebagai perwakilan Pemerintah Daerah di alun-alun Kampus UMU Jalan Betoambari Baubau.

Pada malam pembukaan UMU Sukses menggelar talk show Temu Bisnis Persatuan  Saudagar Buton (PSB) 2023 dengan narasumber  Wali kota Baubau, Perwakilan BI Sultra, Kepala BNI  Baubau, Kepala BRI, Kepala Bank BSI Baubau.

Kegiatan Aktualisasi Kreativitas Mahasiswa dibidang Kewirausahaan tersebut mampu menarik perhatian warga untuk menonton dan tak ketinggalan berbelanja  produk pangan olahan UMKM local  yang terlibat dalam Expo.

Melalui even akbar yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, pihaknya sukses menggelar berbagai lomba Olympiade Sains tiga bidang studi Pendidikan matematika, Biologi dan Program Studi peternakan bagi pelajar SLTA se Kota Baubau.

Sebanyak  115  pelajar perwakilan  SMA rata-rata  mendapatkan nilai terbaik sehingga pihak Kampus memberikan stimulus subsidi 50 persen biaya kuliah jika para peserta melanjutkan pendidikannya di UMU Buton.

Selanjutnya lomba bernyanyi sholawat nabi tak ketinggalan menghiasi panggung kampus termuda di Kota Baubau itu. Para peserta Pelajar hingga Mahasiswa perwakilan Prodi UMU Buton sukses bernyanyi dengan lantunan suara indah nan syahdu menghibur para tamu dan penonton.

Pendiri Yayasan UMU Buton Ibrahim Marsela menyebutkan, selain melahirkan SDM Paripurna, Prestasi dan berahlakul karimah, kampus binaanya terus berupaya menciptakan alumni yang mampu berjiwa wirausaha sehingga tidak menjadi beban pembangunan baru namun mampu menciptakan lapangan baru.

“Presentase penduduk Indonesia yang bergerak dibidang usaha baru sekitar 2 persen,sementara tetangga kita mendapai 7 persen seperti singapure, untuk kita bisa keluar dari keterpurukan ekonomi, kita harus mencapai minimal 4 persen, olehnya itu Kementeriaan Koperasi mencoba untuk melahirkan sejuta wirausaha baru sehingga di UMU Buton ini punya program entrepreneurs wanted dibawah IBI (Indonesia Buton Institute),”jelasnya.

“Kami bertekad dengan kelas inspirasi di UMU Buton yang digagas sejak 2 tahun lalu memberikan pembalajar softskill atau keterampilan dibidang entrepreneur, Bahasa Inggris dan teknologi sehingga saat wisuda selain mendapat Sarjana akademik  kami juga akan berikan lampiran Ijazah SKPI yang bisa digunakan melamar dimana saja berupa sertifakat entrepreneur, Bahasa inggris dan tekhnologi,”sambungnya.

Sementara Kadis Koperasi Baubau Aliman mengapresiasi Kampus UMU Buton mampu menjadi pendobrak menciptakan  wirausaha Muda dikalangan kampus.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepeda UMU Buton, karena UMU mampu memberikan solusi untuk Indonesia, berupaya memberikan solusi bagi pemerintah menyiapkan mahasiswanya untuk menciptakan lapangan kerja baru,”ungkapnya.

Ia berharap acara tersebut terus berlanjut ditahun berikutnya sebagai wujud bakti Kampus UMU Buton kepada pemerintah utamanya pelibatan UMKM sebagai leading sector ekonomi daerah.

“Semoga melalui event ini lahir pengusaha muda yang aktif dan besar dari Kampus ini dan Kota Baubau,” tutupnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top