FAPERTA

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PENGUATAN KELEMBAGAAN MAHASISWA

UMU 0NLINE, Universitas Muslim Buton menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penguatan Kelembagaan Mahasiswa Universitas Muslim Buton pada Rabu, 08 Maret 2023  yang diselenggarakan oleh Direktorat kemahasiswaan dan Kerjasama  (DKK) Universitas Muslim Buton. Dengan Menghadirkan Nara Sumber Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc.,P.hD Guru Besar pada Universitas Hasanuddin, sekaligus sebagai Pejabat Rektor Universitas Muslim Maros. Kegiatan ini dihadiri oleh 72 peserta dari para Dosen/Staf Pengajar Peneliti/mahasiswa  di Lingkungan Universitas Muslim Buton  yang dilaksanakan di Hotel Mira BauBau.

Organisasi mahasiswa merupakan salah satu wadah pengembangan bakat dan minat bagi potensi diri tiap mahasiswa, sehingga pengembangan organisasi mahasiswa dinilai sangat berpengaruh terhadap perkembangan softskill dan pembentukan karakter bagi mahasiswa itu sendiri. Pengembangan soft skill dan karakter di perguruan tinggi kian mendapatkan perhatian utama dari seluruh pemangku kepentingan. Calon lulusan sarjana tidak hanya selalu dibekali hardskill saja karena pada dasarnya keberhasilan seorang sarjana nantinya adalah ketika terjun di masyarakat dimana akan sangat tergantung juga pada kemampuan softskill dan karakter yang dimiliki, sehingga dipandang sangat perlu untuk lebih intensif memberikan softskill dan pengembagan karakter bagi mahasiswa melalui beberapa kegiatan diantaranya adalah keaktifan di organisasi kemahasiswaan di dalam lingkup perguruan tinggi, baik melalui Unit Kegiatan Mahasiswa maupun melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi  kata nara sumber tunggal Bimtek Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc.,P.hD.

Melihat kebutuhan pengembangan ini, Direktorat  Kemahasiswaaan dan Kerjasama  (DKK) Universitas Muslim Buton melaksanakan Bimtek Penguatan Kelembagaan  Ormawa pada tanggal 08 Maret 2023. Dalam Bimtek ini diawali dengan memberikan materi singkat tentang Kelembagaan, manajemen organisasi Kemahasiswaan dan Tanya-jawab, Bimtek ini dirancang untuk memberikan pengarahan dan motivasi bagi setiap organisasi mahasiswa khususnya dalam bentuk pembuatan program kerja, pelaksanaan serta evaluasi dan pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban. Isu utama dalam Bimtek  ini adalah berkaitan dengan tata kelola organisasi serta perencanaan program kerja Desa Binaan KSM-BBM, mengingat salah satu kendala  tidak berjalannya beberapa kegiatan di organisasi mahasiswa adalah berkaitan dengan faktor tata kelola dan kepemimpinan.

Acara disamping dihadiri dosen dan tendik juga melibatkan perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa (SEMA). Bintek ini lebih dimsksudksn Sebagai upaya untuk terus memperkuat kelembagaan kemahasiswaan dan peningkatan prestasi mahasiswa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top